Friday, November 28, 2025

Download Link Tautan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2025.2 Terbaru, Dilengkapi Panduan, Installer dan Updater


Hai sahabat Inotzines.
Ada yang baru dengan Aplikasi e-Rapor SMP beberapa hari ini. Mungkin bagi satuan pendidikan yang sudah menggunakan sebelumnya tidak ada kendala dalam hal updating maupun instalasi. Tapi bagi yang belum menggunakannya, diharapkan mulai menggunakan Aplikasi e-Rapor SMP agar capaian hasil belajar murid secara efektif, efisien, akuntabel dan terpantau berdasarkan pada basis data DAPODIK. 

Aplikasi e-Rapor SMP dikembangkan oleh Tim Pengembang e-Rapor Direktorat SMP sejak tahun 2017 hingga versi terbarunya V. 2025.2. Aplikasi ini membantu sekolah dalam mengelola data penilaian yang sesuai dengan prinsip dan panduan asesmen pada Kurikulum Merdeka maupun Kurikulum 2013, dan terintegrasi dengan sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Untuk mempermudah penggunaan e-Rapor SMP bagi semua pengguna, maka disusun juga buku panduan e-Rapor SMP yang memuat informasi seputar aplikasi e-Rapor SMP, petunjuk teknis penggunaan aplikasi, mulai dari instalasi, pengaturan awal, hingga proses input dan pengelolaan data penilaian, tentunya dengan harapan dapat menjadi acuan praktis bagi kepala sekolah, Administrator, operator sekolah, guru, wali kelas, murid, serta seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan e-Rapor di lingkungan Sekolah Menengah Pertama.

Ok, gaes kita langsung saja.

A. Berikut adalah daftar pembaharuan dan perbaikan Aplikasi e-Rapor SMP versi 2025.2 :
  1. Update Database e-Rapor SMP
  2. Optimalisasi Sistem Kinerja PHP dan Aplikasi e-Rapor.
  3. Penambahan Fitur Upload Foto Siswa
  4. Penambahan Fitur Upload Hop Sekolah
  5. Penambahan Fitur buka dan tutup input nilai rapor
  6. Penambahan Fitur Cek Perkembangan Rapor Siswa dan Grafik Nilai Rapor
  7. Menonaktifkan Fitur P5 ketika pengguna login mulai Tahun Ajaran 2025/2026 Ganjil
  8. Mengaktifkan Kembali Fitur P5 ketika pengguna login sebelum Tahun Ajaran 2025/2026 Ganjil
  9. Menambahkan Fitur Penilaian Kokurikuler ketika pengguna login mulai Tahun Ajaran 2025/2026 Ganjil
  10. Menambahkan Fitur Cetak rapor dengan format Terbaru sesuai Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Tahun 2025 yang berlaku mulai Tahun Ajaran 2025/2026 Ganjil
  11. Penambahan Fitur Buku Induk Siswa
  12. Penambahan Fitur Transkrip Nilai Rapor semua semester
  13. Perbaikan sistem penambahan pembelajaran dan mata pelajaran
  14. Perbaikan alurdan proses pengiriman Data Nilai ke Dapodik
  15. Perbaikan alur dan proses backup dan restore data pada aplikasi e-Rapor
  16. Pembaharuan tampilan aplikasi e-Rapor SMP
  17. Perbaikan sistem aplikasi dan pengelolaan menu secara menyeluruh
B. Pengguna Lama (Updater)

Tips bagi pengguna e-Rapor SMP versi 2025.1 yang akan menggunakan e-Rapor SMP
versi 2025.2, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Login aplikasi e-Rapor SMP versi 2025.1.
  2. Lakukan backup data semua semester yang sudah terinput di e-Rapor SMP versi 2025.1
  3. Pasang Updater e-Rapor SMP versi 2025.2 sampai muncul tampilan selesai.
  4. Login aplikasi e-Rapor SMP versi 2025.2 dan lakukan tarik data.
Untuk langkah lengkap berikutnya, silakan ikuti urutan langkah pada Manual Aplikasi.

Bagi pengguna e-Rapor versi 2025.1 yang hanya mempunya file backupnya, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Pasang Installer e-Rapor SMP versi 2025.2 sampai muncul tampilan selesai.
  2. Login aplikasi e-Rapor SMP versi 2025.2 namun jangan melakukan tarik data.
  3. Lakukan restore dari backup data dari e-Rapor SMP versi 2025.1 untuk semua semester
  4. Setelah restore, lakukan tarik data dari Dapodik di e-Rapor SMP versi 2025.2
  5. Untuk langkah lengkap berikutnya, silakan ikuti urutan langkah pada Manual Aplikasi.
C. Pengguna Baru (Installer)
 
Bagi pengguna baru yang akan menggunakan e-Rapor SMP versi 2025.2, lakukan langkah- langkah sebagai berikut:
  1. Unduh installer Aplikasi e-Rapor SMP versi 2025.2 di laman resmi Direktorat SMP
  2. Instal aplikasi e-Rapor SMP Versi 2025.2
  3. Restart komputer bila diperlukan
  4. Silahkan Login sebagai admin (user dan password : administrator)
  5. Atur Webservice Dapodik untuk mengintegrasikan e-Rapor dan Dapodik
  6. Ambil Data Dapodik bertahap : a. lakukan tes koneksi; b. ambil semester; c. ambil semua data
  7. Lakukan tahapan tugas admin sebelum proses pengisian nilai oleh guru
Bila belum jelas, silakan dilihat pada panduan langkah Manual Aplikasi.
Berikut Link Unduh :
(inot)

Thursday, January 16, 2025

Pembaruan Aplikasi Dapodik ke versi 2025.b



Hai sahabat Inotzines.
Informasi terbaru dari dapodik, sudah rilis Dapodik V2025.b. 

Untuk melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik ke versi 2025.b menggunakan Installer, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file installer Aplikasi Dapodik versi 2025.b pada laman https://dapo.dikdasmen.go.id/unduhan;
  2. Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik;
  3. Refresh browser (ctrl+F5);
  4. Lakukan registrasi;
  5. Pastikan proses registrasi berhasil;
  6. Isi username dan password;
  7. pilih semester 2024/2025;
  8. klik tombol Masuk;
  9. Pastikan tampilan Aplikasi Dapodik sudah versi 2025.b;
  10. Lakukan input data sesuai kondisi riil;
  11. Login Akun Kepala Sekolah
  12. Klik tombol sinkronisasi.
Sumber : https://dapo.dikdasmen.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodik-versi-2025-b

Tuesday, January 14, 2025

PEDOMAN UMUM PEKAN OLAHRAGA PELAJAR DAERAH (POPDA) KOTA SURAKARTA TAHUN 2025 JENJANG SD/MI, SMP/MTs DAN SMA/SMK/MA SEDERAJAT


Hai sahabat Inotzines, 
Informasi terbaru buat kalian, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kota Surakarta Tahun 2025 sebentar lagi akan dilaksanakan di kota tercinta ini. Pelaksanaannya dijadwalkan pada tanggal 03 s.d.18 Februari 2025, tentafif mengikuti jadwal masing-masing lomba.

Dan tujuan POPDA ini tentunya untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi terseleksi berstandar kompetisi resmi cabang olahraga yang akan diikutsertakan pada ajang single event dan multi event di level yang lebih tinggi, dengan tema "Menjadi Generasi Unggul, Berprestasi, Berkarakter Menuju Indonesia Emas”.

Jenis perlombaan yang akan dilombakan, antara lain :
  1. Anggar (Putra, Putrì)
  2. Atletik (Putra, Putrì)
  3. Balap Sepeda (Putra, Putrì)
  4. Bola Basket (Putra, Putrì)
  5. Bola Voli (Putra, Putrì)
  6. Bola Voli Pasir (Putra, Putrì)
  7. Bulutangkis (Putra, Putrì)
  8. Gulat (Putra, Putrì)
  9. Judo (Putra, Putrì)
  10. Karate (Putra, Putrì)
  11. Kempo (Putra, Putrì)
  12. Menembak (Putra, Putrì, MIX)
  13. Panahan (Putra, Putrì)
  14. Panjat Tebing (Putra, Putrì)
  15. Pencak Silat (Putra, Putrì)
  16. Renang (Putra, Putrì)
  17. Sepak Bola Putra
  18. Sepak Takraw (Putra, Putrì)
  19. Taekwondo (Putra, Putrì)
  20. Tenis Lapangan (Putra, Putrì)
  21. Tenis Meja (Putra, Putrì)
Untuk Pedoman Umum bisa diunduh lewat link di bawah ini :

==========================================================
 

Monday, January 6, 2025

PERSYARATAN SELEKSI ADMINISTRASI PENJARINGAN CALON PENERIMA BEASISWA DARI KELUARGA TIDAK MAMPU PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DI SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG TAHUN AJARAN 2025/2026

PERSYARATAN SELEKSI ADMINISTRASI PENJARINGAN CALON PENERIMA BEASISWA DARI KELUARGA TIDAK MAMPU PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DI SMA TARUNA NUSANTARA
MAGELANG
TAHUN AJARAN 2025/2026


1. Berasal dari keluarga kurang mampu/miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) provinsi Jawa Tengah;
Dapat diakes pada database DTKS atau dapat dilihat/dicek pada alamat website https://dataguru.pdkjateng.go.id/tanus
2. Usia setinggi-tingginya 17 Tahun pada bulan Juli 2O25;
3. Tahun Pelajaran 2024/2025 masih duduk di kelas IX SMP/sederajat
4. Surat daftar usulan Calon penerima Beasjswa dari Keluarga Tidak Mampu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di SMA Taruna Nusantara Magelang dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing;
5. Biodata Siswa peserta seleksi (download);
6. Pas Foto seragam sekolah, latar belakang warna biru ukuran 4X6;
7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter (pemerintah/Militer/puskesmas/dsb) (download);
8. Foto copy/scan Kartu Pelajar SMP/MTs;
9. Foto copy/scan Akta Kelahiran;
10. Melampirkan Foto Copy buku Rapor semester I s.d V yang dilegalisir Kepala Sekolah dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Nilai Rapor Pengetahuan rata-rata minimal 85 dan tidak ada nilai di bawah 80 untuk mata pelajaran matematika, IpA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada semester I s.d. V di kelas 7-9 SMp/sederajat sedangkan mata pelajaran lainnya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM);
b. lika memiliki prestasi juara lomba minimal tingkat kabupaten/kota, nilai rapor pengetahuan rata-rata minimal 80 dan tidak ada nilai di bawah 75 untuk mata pelajaran matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris pada semester I s.d. V di kelas 7-9 SLTP/sederajat;
11. Foto Seluruh Badan (Terlihat dari kepala sampai ujung kaki) ukuran 4R;
12. Foto copy/Scan Kartu Keluarga;
13. Foto copy/Scan KTP Orang Tua/Wali (cukup salah satu, Ayah atau Ibu atau Wali);
14. Surat Keterangan dan Pernyataan dari Kepala SMP (download);
15. Surat Pernyataan dari Orang Tua (download);
16. Surat Pernyataan dari Calon Siswa (download);
17. Foto copy/scan Bukti prestasi dalam bentuk sertifikat/medali dengan keterangannya/piala dengan keterangannya;
18. Sertifikat Vaksinasi Covid 19;
19. Hasil Test IQ (Tidak Wajib) yang dikeluarkan oleh Lembaga Rekomendasi HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia);
20. Surat pernyataan terkait kebenaran data sesuai asli dan benar. apabila tidak benar sanggup menerima dan dijatuhi sanksi sesuai peraturan perundang-undangan (bermaterai download).

Berkas Formulir bisa diunduh disini. 

https://bit.ly/BERKAS_SELEKSI_SMA_TN_2025